Monday, January 21, 2013

TELUR + CUKA = JADI APA ???? AYO CARI TAHU !!!!

Selamat datang di Blog saya , teman-teman semuanya.... Sekarang saya akan memberikan Info tentang eksperimen Kimia kepada teman-teman semua... langsung Saja deh :D

Eksperimen ini lumayan Sederhana saja...
rendam telur mentah kedalam cuka dengan waktu kira-kira 2 hari (kalau mw lebih juga boleh :P),
selama itu cuka nya bakal larutin cangkang telur tersebut.

Mengapa ?
karena cangkang telur hampir semuanya terkandung Kalsium Karbonat (CaCO3)
yang karena molekul tersebut dapat membuat cangkang nya itu keras dan cuka mengandung
asam asetat (CH3COOH) yang mampu membuat cangkang nya menjadi lunak.

Jadi ketika cuka bercampur dengan telur maka asam asetat cuka akan
melarutkan cangkang telur dan telur akan menjadi elastik atau lunak.
Telur akan berubah menjadi kenyal seperti jelly.
 
Dapat juga teman-teman coba pada telur rebus....
  
1. Pada bagian ini telur direndam kedalam cuka di suatu wadah.


2. Terjadi reaksi pada telur, bagian sekitar telur mengeluarkan buih atau gelembung, itu  merupakan karbon dioksida CO2

3. Setelah itu coba anda kupas cangkang telur nya dan lihat isi dalam nya.... itu sangat elastis
Penjelasan nya adalah
90 % dari cakang telur adalah kalsium karbonat (CaCO3) dan ketika berinteraksi dengan asam asetat (CH3CO2H), cakang akan mulai melepas mengeluarkan karbondioksida (CO2)

Hal pertama yang terjadi adalah Karbon (CO3--) yang merupakan bagian dari kalsium karbonat di protonisasi ( ane gak tau maksudnya ) akan membentuk asam karbonat (H2CO3).

dari situ kemudian didapat kalsium dan asetat dari kalsium asetat

2 CH3COOH + CaCO3 = H2CO3 + Ca(CH3COO)2.

pada tahap berikut nya asam karbonat akan melepaskan diri untuk membentuk karbondioksida dan air, yakni :H2CO3 = H2O + CO2.

keseluruhan reaksi hanya kesimpulan dari dua reaksi .
2 CH3COOH + CaCO3 = H2O + CO2 + Ca(CH3COO)2.
CaCO3(s) + 2CH3COOH(l) Ca(CH3COO)2(s) + H2O(l) + CO2(g) 

*/ Akhir dari penjelasan

// Komentar Gambar
setelah 12 - 15 jam, agan dapat melihat kalsium karbonat di permukaan si
telur menghilang dan yang ada tinggal film ( kulit lembut nya ) dan isi nya...

 4. Setelah itu bilas telur nya hingga bersih dengan keran air yang mengalir dan mari kita lihat penampakan lainnya :D :P

5. Ne coba teman-teman bandingin ukuran telur ini dengan telur yang masih utuh, ukurannya jauh lebih besar 
hahahahahhaha.....

6. Telur nya menjadi lunak dan elastis + unik.... :P hati2 itu juga bisa pecah jika di tekan terlalu keras.

7. Penampakan telur lainnya :D
 
WARNING : Telur di atas hanya untuk percobaan, Tidak untuk Di konsumsi.

1 comment:

  1. Credit To Kaskus nya kurang Bro ... Ane TS yang buat Thread itu, Thx

    ReplyDelete

Rules For Comment

- No SPAM
- No Flood
- Dont' Use Offensive Language
- Try To Use Google Account ( Not : Anonymous )

If Any Suggestions or Questions, Comment Below

If you want to Copy and Paste the contents of this Blog,
Please Include Credit : www.mynameisvalentino.blogspot.com